Entri Populer

Senin, 15 November 2010

BERKURBANLAH YG TERBAIK

Bismillah,
Ibadah qurban, insya ALLOH akan berlangsung sekitar 2 hari lagi. Saya perhatikan sudah mulai banyak iklan dan tawaran menjual hewan qurban ataupun tempat penjualan hewan qurban. Harga domba dan sapi yg ditawarkan juga kian bervariasi harganya, yg rata2 jelas kian mahal dari tahun ke tahun, walau dengan kualifikasi/kelas/berat yg sama (tidak terlalu jauh).
Melalui artikel ini, saya ingin mengajak kepada saudara2ku untuk berqurban dengan qurban yg terbaik.
Yang dimaksud dg qurban terbaik di sini tidak saja dari kualitas hewan yg paling tinggi (misalnya kelas Super), namun juga dari sisi kuantitas.
Adanya salah kaprah dan salah pengertian mengenai qurban yg terbaik, menyebabkan banyak kalangan muslim yg lebih mementingkan kualitas (berat) domba/sapi yg menjadi bahan pertimbangan utk berqurban. Padahal yg termasuk terbaik di dalamnya juga adalah JUMLAH.
Saya ambil contoh begini.
Ada sebuah keluarga kaya, 1 ayah, 1 ibu, dan 2 anak. Mereka ingin berqurban terbaik, lalu mereka membeli 1 (SATU) domba dengan ukuran Super. Jika dibandingkan dengan keluarga menengah (dg komposisi yg sama) yg berqurban 2 (DUA) domba dg ukuran kelas A (1 tingkat di bawah Super), maka insya ALLOH keluarga menengah telah berqurban dengan semangat yg lebih baik.
Lho, mengapa bisa begitu?
Anda mungkin pernah mendengar ceramah bahwa sedekah Rp 1 juta orang kaya (yg gajinya Rp 15 juta/bulan) ternyata ‘dikalahkan’ oleh sedekah Rp 10.000 orang miskin (yg penghasilannya tidak tentu, bisa dikatakan tidak sampai Rp 5 ribu/hari).
Hal yg sama berlaku utk qurban.
Jika ada yg berpendapat bahwa saya seakan-akan adalah ALLAH SWT sehingga bisa menentukan baik/buruknya kebajikan seseorang, tidak apa2. Saya terima cercaan/celaan/cemoohan itu. Niat saya hanyalah agar kita (terutama yg dirinya memang telah tercukupi atau bahkan lebih dari cukup/berlimpah) lebih tergugah utk berqurban lebih baik.
Contoh lain, jika selama ini qurban sapi itu 7 orang, dan anda ingin berqurban yg terbaik, beranikan diri anda berqurban sapi utk < 7 orang. Bahkan jika perlu, anda sendiri saja yg qurban sapi!!
Percayalah, sesungguhnya jika kita benar2 berniat utk ibadah kepada ALLAH SWT dg lebih baik, terutama berqurban, maka anda akan dipermudah segala urusannya dan mendapat balasan yg berlipat ganda. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar